Kunjungan Tim Penilai Kampung Pancasila di Desa Citayam Kecamatan Tajurhalang

Dody Zuhdi
0

 


Depok - Kodim 0508/ Depok menerima kunjungan tim peninjauan dan penilaian   Lomba Kampung Pancasila Tahun 2024, di  Kp. Kaliputih Desa Citayam Kecamatan Tajurhalang  Kabupaten Bogor, Senin (29/07/2024).


Dalam kunjungan tersebut, Tim peninjau dan penilai Lomba Kampung Pancasila  bertujuan untuk mengunjungi secara langsung beberapa program yang telah berjalan di Kp.Kaliputih , Desa Citayam Kecamatan Tajurhalang sebagai Kampung Pancasila.


Kehadiran Tim Penilai disambut langsung oleh Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Iman Widhiarto,

Danramil Bojonggede Mayor Inf Maman Jaya,

Ipda Yohanes ( Polsek            Tajurhalang), Anggota Satpol PP Tajurhalang, Kepala Desa Citayam  Makmun Murod, Babinsa Bojonggede

Babinkamtibnas Aiptu Wisnu LIMAS  Desa Citayam dan Para warga serta Karang Taruna di Pondok Pesantren Ruhama, Kp. Kaliputih.


Waaster Kasdam Jaya Letkol Inf Denver Micha Harriadhy menyampaikan apresiasinya atas berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan di Kampung Pancasila Desa Citayam Kecamatan Tajurhalang ini.


“Kunjungan kami ini dalam rangka penilaian Kampung Pancasila yang nantinya pada bulan Agustus akan dilombakan secara nasional oleh Bapak Kasad, juga untuk melihat kesiapan yang ada karena nanti Kodam Jaya juga akan mengirimkan wakilnya ke tingkat nasional," ungkapnya.


Waaster Kasdam Jaya Letkol Inf Denver Micha Harriadhy menambahkan, untuk yang dilihat seusai dengan kriteria yang ada yaitu bagaimana Kampung Pancasila ini menerapkan nilai - nilai Pancasila sekaligus juga untuk mengsinkronkan dengan kegiatan unggulan lainnya yaitu Ketahanan Pangan, Penurunan Stunting maupun keamanan lingkungan.


"Kami melihat kegiatan - kegiatan di Kampung Pancasila Desa Citayam ini sudah luar biasa, sektor Ketahanan Pangan seperti Urban Farming, UMKM sudah berjalan, warganya juga guyub dan memiliki kepedulian untuk menjaga keamanan lingkungan, saya berpesan untuk tetap my semangat,lanjutkan dengan baik," tandasnya.


Sementara itu, Dandim 0508/ Depok Kolonel Inf Iman Widiarto mengungkapkan dicanangkannya Ideologi Pancasila ini karena masih cukup banyak yang tidak mengetahui sejarah bahwa Pancasila itu merupakan sumber dan rumusan hukum kehidupan berbangsa dan negara tentunya di Negara Republik Indonesia.


Menurutnya, masih banyak saudara-saudara kita yang butuh pencerahan tentang internalisasi nilai-nilai Pancasila itu sendiri.


"Ini menjadi motivasi bagi kita semua agar Pancasila menjadi falsafah hidup dan Pancasila menjadi sendi dan pedoman kehidupan baik beragama maupun kehidupan kita sehari-hari,” ungkapnya.


Dandim berharap dengan dibentuknya Kp. Kaliputih Desa Citayam  sebagai Kampung Pancasila di wilayah Kodim 0508/Depok, bisa mengamalkan sila-sila Pancasila yang terkandung di Pancasila tersebut. Kemudian sebagai kampung percontohan yang dapat mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.


”Selain itu, harapan kita juga dapat menjadi desa lebih kondusif aman dan damai, serta kita berharap juga desa ini dapat menjadi desa yang lebih memiliki sifat gotong royong, rukun dan memiliki toleransi yang tinggi,” pungkasnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)